Satuan
Pendidikan : SMPN 3 GARUT
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga Kesehatan
Tema :
Permainan Bola Besar (Bola Voli)
Sub Tema : Persiapan serangan, passing dan persiapan pengumpan
Pertemuan Ke : 1
Waktu : 3 x 40
Menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianut
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas
jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu
berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan
berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki
perilaku hidup sehat.
3.1 Memahami
konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.
4.1
Mempraktikkan teknik
dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
AFEKTIF
a. Membiasakan prilaku berdoa sebelum dan seseudah pembelajaran
b. Mempraktikan kebiasaan baik dalam berolahraga
c. Menunjukan prilaku bertangung jawab
KOGNITIF
a.
Memahami pengetahuan
modifikasi gerak
dasar dan taktik permainan bola besar
PSIKOMOTOR
a.
Mempraktikan modifikasi
gerak dasar dan taktik
permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan sesudah pembelajaran
berakhir diharapkan siswa dapat :
1. Dalam
dimensi afektif
a. Berdoa
sesuai dengan agama yang dianutnya
b. Menunjukan
prilaku tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain
c. Menunjukan
prilaku tanggung jawab
2. Dalam
dimensi kognitif
Memahami cara-cara menguasai bola dalam
permainan bola voli
sederhana, yang meliputi :
a. Cara-cara
menerima bola
b. Cara-cara
passing bawah
c. Cara-cara
passing atas
3. Dalam
dimensi psikomotor
Dapat mempraktikan :
Dapat mempraktikan :
a. Menerima bola
b. Passing bawah
c. Passing atas
E. MATERI AJAR
Membayangkan
sebuah skenario. Permainan bola voli passing atas dan bawah, siswa datang ke
lapang dengan berpakaian olahraga dan siap untuk mengikuti satu unit
pembelajaran dalam permainan bola voli.
F. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE/ DAN
TEKNIK PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Taktis
2. Strategi : Divergent
3. Metode : Game-drill-game, bagian, keseluruhan
4. Teknik : Tanya jawab, tugas, penjelasan, demonstrasi
2. Strategi : Divergent
3. Metode : Game-drill-game, bagian, keseluruhan
4. Teknik : Tanya jawab, tugas, penjelasan, demonstrasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan sebelum pembelajaran
Sebelum pembelajaran dimulai, guru dan petugas sekolah harus menyiapkan :
Sebelum pembelajaran dimulai, guru dan petugas sekolah harus menyiapkan :
a. Bola
sebanyak 10 buah
b. Cone/corong
c. Rompi
baju
d. Peluit
e. Lembar
observasi untuk mengamati perilaku tanggung jawab
f. Pertanyaan-pertanyaan
g. Format
observasi
2. Kegiatan
Pendahuluan
a. Membariskan
siswa
b. Berdoa
c. Presensi
siswa
d. Apersepsi
(mengingatkan kembali meteri yang sebelumnya dan menghubungkannya dengan materi
saat ini)
e. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
f. Pemanasan
3. Kegiatan
Inti Pembelajaran
a. Permainan
3 vs 3
Tujuan aktivitas
: menggunakan passing bawahuntuk passing ke dekat atau sisi net. Memperoleh
satu angka tambahan jika bola tepat pada pengumpan.
Kondisi :
lapangan dibatasi dan pendek; awal permainan dari lemparan bola, bergantian dan
rotasi setelah setiap kali. Tiga kali passing bawah melambung ke dekat net.
Pengumpan dalam posisi siap.
Tugas latihan :
persiapan dan latihan umpan, formasi segitiga.
Tujuan aktivitas
: dua atau tiga kalo umpan baik sebelum rotasi dan pengumpan harus bergerak
untuk bersiap diri. Passing baik adalah bola melambung dan jatuh satu langkah
di depan pengumpan. Pas bawah difokuskan pada posisi badan. Bola melambung dan
tepat sasaran.
Siswa Bola
Permainan
selanjutnya hamper sama dengan permainan diatas, tetapi di tambah dengan pas
atas untuk siap mengumpan kepada penyerang. Jadi orang pertama melakukan
lemparan ke orang ke dua, orang ke dua itu melakukan pas bawah ke orang ke
tiga, nah orang ke tiga melakuka pas atas ke orang pertama.
Siswa Bola
4. Penutup
a. Pendinginan
b. Refleksi
Refleksi digunakan untuk memberikan
kesempatan pada sebagian siswa untuk mengemukakan pendapat tentang
pembelajaran.
c. Apersepsi
Menghargai untuk memotivasi siswa.
d. Evaluasi
pembelajaran
H. Alat dan
Sumber Belajar
1.
Alat pembelajaran
a. Bola
sebanyak 10 buah
b. Cone/corong
c. Rompi
baju
d. Peluit
2.
Sumber belajar
Subroto. Toto (2010). DMP Olahraga Permainan. Bandung.
Subroto. Toto (2010). DMP Olahraga Permainan. Bandung.
I. Penilaian
Hasil Belajar
Penilaian
hasil belajar harus mencakup ketiga dimensi seperti yang dirumuskan di dalam
tujuan pembelajaran. Bobot penilaian untuk setiap dimensi adalah sebaai berikut
: (1) untuk dimensi kognitif 30%, (2) untuk dimensi psikomotor 30%, dan (3)
untuk dimensi apektif 40%.
1.
Teknik Penilaian
Teknik
penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut : (1) untuk dimensi kognitif
diguakan teknik bertanya, (2) untuk dimensi psikomotor digunakan teknik
observasi, (3) untuk dimensi apektif digunakan teknik observasi
CARA
PENSKORAN
1.
skor 10 diberikan kepadasiswa yang dapat menyebutkan jawaban yang benar.
2.
skor 5 diberikan kepada siswa yang tidak dapat menyebutkan jawaban yang benar.
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi kognitif yang diobservasi
|
|||||||
Cara menerima bola.
|
Cara melakukan pas
bawah
|
Cara melakukan
pas atas
|
JUMLAH
|
||||||
Benar
|
Tidak
|
Benar
|
Tidak
|
Benar
|
Tidak
|
||||
CARA
PENSKORAN
1. Beritanda
check list (v) pada masing-masing indicator jika yang bersangkutan pernah melakukan dan tanda silang (x) jika
yang bersangkutan tidak pernah melakukan.
Yang
diberi tanda (V) diberi skor 10, dan yang diberi tanda (x) diberi skor 5.
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi psikomotor yang diobservasi
|
|||||||
Menerima bola.
|
Pas bawah.
|
Pas Atas.
|
JUMLAH
|
||||||
pernah
|
Tidak
pernah
|
Pernah
|
Tidak
pernah
|
Pernah
|
Tidak pernah
|
||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi afektif yang diobservasi
|
|||||||
Berdoa sesuai dengan agama yang
dianutnya.
|
Mempraktikkan kebiasaan baik dalam
pembelajaran.
|
Menunjukan perilaku bertanggungjawab.
|
JUMLAH
|
||||||
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
||||
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
||
Aspek Kognitif 30%
|
Aspek Afektif 35%
|
Aspek Psikomotor
35%
|
|||
Mengetahui
KEPSEK
_____________________________
|
Garut, Mei 2014
Guru PJOK
__ Taofik Ramdani____
|
No comments:
Post a Comment