Satuan Pendidikan : SMPN 3 GARUT
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Tema :
Permainan Bola Besar (Bola Basket)
Sub Tema :
give
and go ( mengoper dan lari )
Pertemuan Ke : 1
Waktu :
3 x 40 Menit
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianut
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam
melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
c. Mempraktikkan kebiasaan baik dalam berolahraga dan latihan
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.3 Memahami pengetahuan modifikasi gerak
dasar permainan bola besar
4.1 Mempraktikkan
modifikasi gerak dasar permainan bola besar dengan
menekankan gerak dasar fundamentalnya
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
AFEKTIF
a. Membiasakan prilaku berdoa sebelum dan seseudah pembelajaran
b. Mempraktikan kebiasaan baik dalam berolahraga
c. Menunjukan prilaku bertangung jawab
KOGNITIF
a. Memahami
pengetahuan modifikasi gerak
dasar dan taktik permainan bola besar
b. Memahami cara mengoper bola
c. Memahami cara menangkap bola
d. Memahami cara berlari mencari ruang kosong
PSIKOMOTOR
a. Mempraktikan
modifikasi gerak
dasar dan taktik permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental
b. Mempraktikan mengoper bola
c. Mempraktikan menangkap bola
d. Mempraktikan berlari mencari ruang kosong
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Selama
dan sesudah pembelajaran berakhir diharapkan siswa dapat :
1. Dalam
dimensi afektif
a. Berdoa
sesuai dengan agama yang dianutnya
b. Menunjukan
prilaku tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain
c. Menunjukan
prilaku tanggung jawab
2. Dalam
dimensi kognitif
Memahami
cara-cara menguasai bola dalam permainan bola
basket sederhana, yang meliputi :
a. Cara-cara
mengoper bola
b. Cara-cara menangkap bola
c. Cara-cara berlari mencari ruang kosong
3. Dalam
dimensi psikomotor
Dapat mempraktikan :
Dapat mempraktikan :
a. Mengoper
bola
b. Menangkap bola
c. Berlari mencari ruang kosong
E. MATERI
AJAR
1.
Permainan Bola Basket ( menyerang )
F. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE/ DAN
TEKNIK PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Taktis
2. Strategi : Divergent
3. Metode : Game-drill-game, bagian, keseluruhan, progresif, praktek . padat, praktek terdistribusi
4. Teknik : Tanya jawab, tugas, penjelasan, demonstrasi
2. Strategi : Divergent
3. Metode : Game-drill-game, bagian, keseluruhan, progresif, praktek . padat, praktek terdistribusi
4. Teknik : Tanya jawab, tugas, penjelasan, demonstrasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
sebelum pembelajaran
Sebelum pembelajaran dimulai, guru dan petugas sekolah harus menyiapkan :
Sebelum pembelajaran dimulai, guru dan petugas sekolah harus menyiapkan :
a. Bola
sebanyak 10 buah
b. Cone/corong
c. Rompi
baju
d. Peluit
e. Lembar
observasi untuk mengamati perilaku tanggung jawab
f. Pertanyaan-pertanyaan
mengenai cara-cara menguasai
bola.
g. Format
observasi untuk mengamati keterampilan menguasai
bola.
2. Kegiatan
Pendahuluan
a. Membariskan
siswa
b. Berdoa
c. Presensi
siswa
d. Apersepsi
(mengingatkan kembali meteri yang sebelumnya dan menghubungkannya dengan materi
saat ini)
e. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
f. Pemanasan :
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.png)
tugas dalam permainan ini adalah 2 orang yang menjadi pembawa bola dan menempelkan bola ke badan yang lain dengan menggunakan lempar tangkap bola tanpa dibawa-bawa. Setelah pemain lain tertempeli bola, berarti tugasnya sama dengan yang 2 tadi dan seterusnya.
3. Kegiatan
Inti Pembelajaran
a.
Permainan 3 vs 3, setengah lapang
Tujuan
akivitas :
·
Passing dan lari
menyilang basket
·
Membuat sasaran
jika ruang terbuka
·
Menembak jika
bola dikuasai kembali
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.png)
![]() |
![]() |
|||||
![]() |
||||||
![]() |
||||||
![]() |
||||||
Tugas
latihan : 2 vs 2, pemain bertahan aktif pemain lain berperan sebagai pelatih.
Setiap penyerang mengulang taktik give
and go tiga kali, kemudian bergantian atau rotasi. Bergerak ke sisi lain
atau berganti posisi kemudian ulangi; latihan taktik give and go tiga kali dengan pertahanan kompetitif.
b.
Bentuk drill
1.
Jika murid tidak
bisa mengoper bola dengan benar.
Bentuk latihannya adalah dengan mengoper bola ke
temannya keseluruhan dengan posisi :
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.png)
![](file:///C:\Users\TAOFIK~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image013.png)
2.
Jika murid tidak
bisa menangkap bola dengan benar.
Bentuk latihannya adalah langsung saja diberikan
operan bola oleh guru sendiri sampai murid itu mengerti dan paham.
3.
Jika murid tidak
bisa berlari ke ruang kosong.
Diberikan penjelasan oleh guru bagaimana cara mencari
ruang kosong dan kemudian dipraktekan di lapang secara langsung.
c. Kembali ke Permainan ke 1 ditambah menyimpan boal ke
garis belakang daerah lawan jikalau sudah beres untuk mengoper-ngopernya.
d. Dilanjutkan
kepada pertanyaan elaborasi. Permainan terakhir berakhir sampai pada batas
waktu yang ditentukan.
4. Penutup
a. Pendinginan
b. Refleksi
Refleksi
digunakan untuk memberikan kesempatan pada sebagian siswa untuk mengemukakan
pendapat tentang pembelajaran.
c. Apersepsi
Menghargai
untuk memotivasi siswa.
d. Evaluasi
pembelajaran
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat pembelajaran
a. Bola sepak sebanyak 10 buah
b. cone/corong/tali
c. rompi baju
2. sumber belajar
a. kurikulum 2013
b. buku-buku sumber pelajaran
I. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar harus mencakup
ketiga dimensi seperti yang dirumuskan di dalam tujuan pembelajaran. Bobot
penilaian untuk setiap dimensi adalah sebaai berikut : (1) untuk dimensi
kognitif 30%, (2) untuk dimensi psikomotor 30%, dan (3) untuk dimensi apektif
40%.
1. Teknik
Penilaian
Teknik penilaian yang
digunakan adalah sebagai berikut : (1) untuk dimensi kognitif diguakan teknik
bertanya, (2) untuk dimensi psikomotor digunakan teknik observasi, (3) untuk
dimensi apektif digunakan teknik observasi.
a. Teknik
penilaian dimensi kognitif
Teknik
penilaian dimensi kognitif digunakan teknik bertanya, yang diberikan kepada
sebagian anak dipilih secara acak. Skor rata-rata dari
Contoh
pertanyaan :
1. Sebutkan
cara-cara mendukung pembawa bola ?
Kunci jawaban :
a. Bergerak
ke ruang yang kosong agar teman seregu pembawa bola mudah mengoper bola.
b. Bergerak
ke tempat yang jauh dari jangkauan lawan.
c. Bergerak
mendekat kepada pembawa bola.
d. Bergerak
menghalangi lawan yang menjaga pembawa bola.
2. Sebutkan
cara-cara mengoperkan bola ?
Kunci jawaban :
a. Chess Pass
b. Oper head pass
c. Bound Pass
d. Long pass
3.
Sebutkan bagaimana cara menangkap bola operan ?
Kunci
jawaban :
a.
Menangkap dengan kedua tangan
4.
Bagaimana cara mencari ruang kosong ?
Kunci jawaban :
a.
Menjauh dari lawan
b.
Mendekati pembawa bola
CARA
PENSKORAN
1.
skor 10 diberikan kepadasiswa yang dapat menyebutkan jawaban yang benar.
2.
skor 5 diberikan kepada siswa yang tidak dapat menyebutkan jawaban yang benar.
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi kognitif yang diobservasi
|
|||||||
Cara mencari ruang
kosong.
|
Cara mengoper bola .
|
Cara menangkap
bola.
|
JUMLAH
|
||||||
Benar
|
Tidak
|
Benar
|
Tidak
|
Benar
|
Tidak
|
||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi Psikomotor yang diobservasi
|
|||||||
Mencari ruang kosong.
|
mengoper bola .
|
menangkap bola.
|
JUMLAH
|
||||||
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
||||
CARA PENSKORAN
1.
Beritanda check list
(v) pada masing-masing indicator jika yang bersangkutan pernah melakukan dan tanda silang (x) jika
yang bersangkutan tidak pernah melakukan.
2.
Yang diberi tanda (V)
diberi skor 10, dan yang diberi tanda (x) diberi skor 5.
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi afektif yang diobservasi
|
|||||||
Berdoa sesuai dengan agama yang
dianutnya.
|
Mempraktikkan kebiasaan baik dalam
pembelajaran.
|
Menunjukan perilaku bertanggungjawab.
|
JUMLAH
|
||||||
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
||||
CARA PENSKORAN
1. Beri
tanda check list (v) pada masing-masing indicator jika anak pernah melakukan dan
jika yang anak tidak pernah melakukan.
2. Yang
diberi tanda (v) di (Ya) diberi skor 10, dan yang diberi tanda (v) di (Tidak) diberi
skor 5.
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
||
Aspek Kognitif 30%
|
Aspek Afektif 35%
|
Aspek Psikomotor
35%
|
|||
Mengetahui
KEPSEK
_____________________________
|
Garut, April 2014
Guru PJOK
__ Taofik Ramdani____
|
No comments:
Post a Comment