KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENJASORKES
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan
aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan
berbagaiaktivitasfisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan
dalam permainan.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep keterampilan
gerak fundamental
permainan bola besar.
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan
bola kecil.
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah
satu nomor
atletik (jalan cepat,
lari, lompat, dan lempar).
3.4 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental olahraga
beladiri.
3.5 Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan,
dan pengukuran hasilnya.
3.6 Memahami konsep gabungan pola gerak
dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam
lantai.
3.7 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental (langkah dan
ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar aktivitas gerak
ritmik.
3.8 Memahami konsep keterampilan dasar
dua gaya renang yang berbeda.
3.9 Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat,baik
pada diri sendiri maupun orang
lain.
3.10
Memahami
konsep gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan teknik dasar permainan
bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.2 Mempraktikkan teknik dasar permainan
bola kecil dengan menekankan gerakdasarfundamental.
4.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik
(jalancepat,lari, lompat dan lempar) menekankan gerak
dasar fundamentalnya.
4.4 Mempraktikkan teknik dasar olahraga beladiri dengan
menekankan gerak dasar fundamentalnya.
4.5 Mencoba mengukur komponen
kebugaranjasmani terkait kesehatan dan keterampilan
berdasarkan norma instrumen yang digunakan.
4.6 Mempraktikkan gabungan pola gerak
dominan menuju teknik dasar senamlantai.
4.7 Mempraktikkan aktivitas pola
gerak melangkah dan
irama gerak dalam aktivitas gerak.
4.8 Mempraktikkan satu atau dua teknikdasargaya
renang dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu.
4.9 Mencoba mempraktikkantindakan
P3Kpadakejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
4.10 Mencoba menerapkankonsep gaya hidup
sehat untuk mencegah berbagai penyakit.
|
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan
aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.
Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b.
Selalu
berusaha secara maksimal dantawakaldengan hasil akhir.
c.
Membiasakan
berperilaku baik dalamberolahragadan latihan.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
1.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
1.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran sertamenjagakeselamatan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar.
1.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
.
1.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik.
1.6 Disiplin selama melakukan
berbagaiaktivitasfisik.
1.7 Menerima kekalahan dan kemenangan
dalam permainan.
2.8Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
1.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan permainan bola besar.
1.2 Memahami konsep variasi dan kombinasiketerampilanpermainan
bola kecil.
1.3 Memahami konsep variasi dan
kombinasiketerampilansalah satu nomor atletik(jalancepat, lari, lompat, dan
lempar).
1.4 Memahami konsep variasi dan
kombinasiketerampilanolahraga beladiri.
1.5 Memahami konsep latihan peningkatanderajatkebugaran
jasmaniyang terkait dengan kesehatan dan keterampilan, serta pengukuran
hasilnya.
1.6 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
1.7 Memahami konsep variasi keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk
rangkaian sederhana.
1.8 Memahami konsep keterampilandua gaya
renang berbeda.
1.9 Memahami prinsip-prinsip pencegahan
terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya lainnya, bagi diri
sendiri, keluarga dan masyarakat.
1.10 Memahami konsep pola makan
sehat,bergizidan seimbang.
1.11 Memahami manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secarateratur.
1.12 Memahami metode untuk memonitordenyutjantung.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan
koordinasi yang baik.
4.2
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola kecil dengan
koordinasi yang baik.
4.3
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan atletik (jalan
cepat, lari, lompat, dan lempar) dengan koordinasi yang baik
4.4
Mempraktikkan
variasi dan kombinasiketerampilanolahraga beladiri.
4.5
Mempraktikkan
latihan peningkatan derajat kebugaran jasmaniyangterkaitdengankesehatan dan
keterampilan, serta pengukuran hasilnya.
4.6
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilandasar senam lantai dalam bentuk rangkaian
sederhana.
4.7
Mempraktikkan
variasi keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian
sederhana.
4.8
Mempraktikkan
keterampilan dua gaya renang dengan koordinasi yang lebih baik.
4.9
Melakukan
tindakan pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya
lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4.10
Menyajikan
hasil informasi berkaitadenganpola makan sehat, bergizi dan seimbang.
4.11
Menyajikan
hasil informasi berkaitandenganmanfaat jangka panjang dari partisipasi dalam
aktivitas fisik secara teratur
4.12
Menghitung
denyut jantung.
|
KELAS IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan
aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum
dansesudahpelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal
dantawakaldengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam
berolahraga dan latihan.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran sertamenjagakeselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
1.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik.
1.6 Disiplin selama melakukan
berbagaiaktivitasfisik.
1.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan.
2.8Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola besar.
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola kecil.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yangdimodifikasi,dalamperlombaansalah satu
nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
1.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yangdimodifikasidalam olahraga beladiri.
1.5 Memahami konseppenyusunan program
pengembangan komponen kebugaranjasmaniterkait dengan kesehatan secara
sederhana.
1.6 Memahami konsep variasi dan kombinasi rangkaian
gerak dasar senam yang lebih kompleks.
1.7 Memahami konsep variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik
yang lebih kompleks.
1.8 Memahami konsep gerak dasar tiga gaya renang
yang berbeda.
1.9 Memahami peran aktivitasfisik, dan
makanan bergizi dalammengontrol berat badan, pencegahan penyakit, konsep
diri, kinerja, danpengurangan biaya perawatan kesehatan.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan ke dalam permainan bola besar secara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.2 Mempraktikkan variasidan kombinasi
keterampilan ke dalam permainan bolakecil secara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.3 Mempraktikkan variasidan kombinasi
keterampilan ke dalam perlombaan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari,
lompat, dan lempar) secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.4 Mempraktikkan variasidan kombinasi
keterampilan ke dalam peragaan olahraga beladiri secara lancar, terkontrol,
dan koordinatif.
4.5 Mempraktikkan penyusunnan dan
latihanpengembangankomponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan
berdasarkan program yang disusun secara sederhana.
4.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
rangkaian gerak dasar senam yang lebihkomplekssecara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.7 Mempraktikkan variasi rangkaian
aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks secara lancar, terkontrol, dan
koordinatif.
4.8 Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya
renang yang berbeda.
4.9 Menyajikan informasi berkaitanperan
aktivitas fisik, dan makanan bergizidalam mengontrol berat badan,pencegahan
penyakit, konsep diri, kinerja,dan pengurangan biaya perawatankesehatan.
|
No comments:
Post a Comment