Wednesday, March 12, 2014

KI & KD PENJAS untuk SMP



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENJASORKES

KELAS VII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
    1. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
    2. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
    3. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahragadan latihan.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1   Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2   Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3   Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4   Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5   Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6   Disiplin selama melakukan berbagaiaktivitasfisik.
2.7   Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8   Memiliki perilaku hidup sehat.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1   Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.
3.2   Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola kecil.
3.3   Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4   Memahami konsep keterampilan gerak fundamental olahraga beladiri.
3.5   Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan, dan pengukuran hasilnya.
3.6   Memahami konsep gabungan pola gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai.
3.7   Memahami konsep keterampilan gerak fundamental (langkah dan ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik.
3.8   Memahami konsep keterampilan dasar dua gaya renang yang berbeda.
3.9   Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat,baik pada diri sendiri maupun orang lain.
3.10     Memahami konsep gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1   Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.2   Mempraktikkan teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerakdasarfundamental.
4.3   Mempraktikkan teknik dasar atletik (jalancepat,lari, lompat dan lempar) menekankan gerak dasar fundamentalnya.
4.4   Mempraktikkan teknik dasar olahraga beladiri dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya.
4.5   Mencoba mengukur komponen kebugaranjasmani terkait kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrumen yang digunakan.
4.6   Mempraktikkan gabungan pola gerak dominan menuju teknik dasar senamlantai.
4.7   Mempraktikkan aktivitas pola gerak melangkah dan irama gerak dalam aktivitas gerak.
4.8   Mempraktikkan satu atau dua teknikdasargaya renang dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu.
4.9   Mencoba mempraktikkantindakan P3Kpadakejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
4.10 Mencoba menerapkankonsep gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit.


KELAS VIII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.          Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b.          Selalu berusaha secara maksimal dantawakaldengan hasil akhir.
c.          Membiasakan berperilaku baik dalamberolahragadan latihan.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.1      Berperilaku sportif dalam bermain.
1.2      Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran sertamenjagakeselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
1.3      Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.4      Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik .
1.5      Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.6      Disiplin selama melakukan berbagaiaktivitasfisik.
1.7      Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8Memiliki perilaku hidup sehat.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
1.1      Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola besar.
1.2      Memahami konsep variasi dan kombinasiketerampilanpermainan bola kecil.
1.3      Memahami konsep variasi dan kombinasiketerampilansalah satu nomor atletik(jalancepat, lari, lompat, dan lempar).
1.4      Memahami konsep variasi dan kombinasiketerampilanolahraga beladiri.
1.5      Memahami konsep latihan peningkatanderajatkebugaran jasmaniyang terkait dengan kesehatan dan keterampilan, serta pengukuran hasilnya.
1.6      Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
1.7      Memahami konsep variasi keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana.
1.8      Memahami konsep keterampilandua gaya renang berbeda.
1.9      Memahami prinsip-prinsip pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
1.10    Memahami konsep pola makan sehat,bergizidan seimbang.
1.11    Memahami manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secarateratur.
1.12    Memahami metode untuk memonitordenyutjantung.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan koordinasi yang baik.
4.2   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola kecil dengan koordinasi yang baik.
4.3   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) dengan koordinasi yang baik
4.4   Mempraktikkan variasi dan kombinasiketerampilanolahraga beladiri.
4.5   Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmaniyangterkaitdengankesehatan dan keterampilan, serta pengukuran hasilnya.
4.6   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilandasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
4.7   Mempraktikkan variasi keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana.
4.8   Mempraktikkan keterampilan dua gaya renang dengan koordinasi yang lebih baik.
4.9   Melakukan tindakan pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4.10 Menyajikan hasil informasi berkaitadenganpola makan sehat, bergizi dan seimbang.
4.11 Menyajikan hasil informasi berkaitandenganmanfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
4.12 Menghitung denyut jantung.



KELAS IX
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.    Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dansesudahpelajaran.
b.    Selalu berusaha secara maksimal dantawakaldengan hasil akhir.
c.    Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1   Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2   Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran sertamenjagakeselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
1.3   Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.4   Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.5   Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.6   Disiplin selama melakukan berbagaiaktivitasfisik.
1.7   Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8Memiliki perilaku hidup sehat.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1   Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola besar.
3.2   Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola kecil.
3.3   Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yangdimodifikasi,dalamperlombaansalah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
1.4   Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yangdimodifikasidalam olahraga beladiri.
1.5   Memahami konseppenyusunan program pengembangan komponen kebugaranjasmaniterkait dengan kesehatan secara sederhana.
1.6   Memahami konsep variasi dan kombinasi rangkaian gerak dasar senam yang lebih kompleks.
1.7   Memahami konsep variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks.
1.8   Memahami konsep gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda.
1.9   Memahami peran aktivitasfisik, dan makanan bergizi dalammengontrol berat badan, pencegahan penyakit, konsep diri, kinerja, danpengurangan biaya perawatan kesehatan.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan ke dalam permainan bola besar secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.2   Mempraktikkan variasidan kombinasi keterampilan ke dalam permainan bolakecil secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.3   Mempraktikkan variasidan kombinasi keterampilan ke dalam perlombaan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.4   Mempraktikkan variasidan kombinasi keterampilan ke dalam peragaan olahraga beladiri secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.5   Mempraktikkan penyusunnan dan latihanpengembangankomponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan berdasarkan program yang disusun secara sederhana.
4.6   Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian gerak dasar senam yang lebihkomplekssecara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.7   Mempraktikkan variasi rangkaian aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks secara lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.8   Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda.
4.9   Menyajikan informasi berkaitanperan aktivitas fisik, dan makanan bergizidalam mengontrol berat badan,pencegahan penyakit, konsep diri, kinerja,dan pengurangan biaya perawatankesehatan.








No comments:

Post a Comment