Wednesday, March 12, 2014

MEDIA PEMBELAJARAN



MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Pengertian
1.      Media
a.       Media berasal dari kata “Medium”,  yang berasal dari bahasa latin “Medium” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media ini mengarah pada sesuatu yang menjadi penghantar untuk meneruskan suatu informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
b.      Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru)
c.       Media adalah saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. (Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan)
d.      Media merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun Audio-Visual serta peralatannya serta media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat didengar, dilihat dan dibaca. (Asosiasi Pendidikan Nasional)
e.       Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.( Wildbur Schraman)
Kesimpulan: Media adalah suatu wadah atau sarana untuk menyajikan pesan atau informasi yang dapat dimanipulasi, didengar, dilihat dan dibaca, yang bermanfaat untuk keperluan instruksional.

2.      Pembelajaran
a.      Pembelajaran adalah setiap perubahan perilaku yang relatif permanen, terjadi sebagai hasil dari pengalaman (Wikipedia)
b.      Pembelajaran adalah perubahan atau kemampuan seseorang yang dapat dikekalkan tetapi tidak disebabkan oleh pertumbuhan. Perubahan yang dipanggil pembelajaran diperlihatkan melalui perubahan tingkah laku; dengan membandingkan tingkah laku seseorang individu sebelum didedahkan kepada situasi pembelajaran dengan tingkah lakunya selepas didedahkan dengan situasi pembelajaran. (Robert M. Gagne)
c.       Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang kekal hasil dari pengalaman. Perubahan ini mungkin tidak jelas sehingga timbul suatu situasi yang menonjolkan tingkah laku baru ini; pembelajaran biasanya tidak diperlihatkan dengan serta-merta melalui pencapaian. (E.R. Hilgard, R.C. Atkinson dan R.L. Atkinson)
d.      Pembelajaran adalah proses di mana pengalaman menyebabkan perubahan dalam pengetahuan dan tingkah laku yang kekal. (Anita E. Woolfolk)
Kesimpulan: Pembelajaran adalah proses perubahan tingkah laku atau kemampuan seseorang yang bersifat permanen atau kekal dan merupakan hasil dari pengalaman.

3.      Media Pembelajaran
a.       Media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik)
b.      Media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan peserta didik. (Danim)
c.       Media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi atau isi pengajaran, seperti buku, film, slide dan lain-lain. (Lislie J. Briggs)
d.      Media pembelajaran adalah alat secara fisik untuk menyampaikan isi pengajaran. (Gagne dan Brings)
Kesimpulan: Media Pembelajaran adalah seperangkat alat fisik yang digunakan guru dalam mengefektifkan penyampaian materi pengajaran kepada peserta didik dalam proses pendidikan.
B.     Jenis
1.      Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2.      Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3.      Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4.      Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
5.      Benda-benda hidup, Simulasi, maupun model.

C.     Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan
a.       Mempermudah proses pembelajaran di kelas.
b.      Meningkatkan efisiensi proses pembelajaran.
c.       Menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar.
d.      Membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran.
e.       Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar. (Gagne)
f.       Wahana fisik yang mengandung materi instruksional. (Briggs)
g.      Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional. (Schramm)
h.      Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa. (Y. Miarso)
2.      Manfaat Media Pembelajaran
a.       Pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b.      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
c.       Metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
d.      Pembelajaran lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.

2.1.  Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar, yaitu:
a.       Memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan.
b.      Menjelaskan struktur dan urutan pengajaran dengan baik.
c.       Memberikan kerangka sistematis secara baik.
d.      Memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran.
e.       Membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
f.       Membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
g.      Meningkatkan kualitas pembelajaran.

2.2.  Manfaat media  pembelajaran bagi peserta didik, yaitu:
a.       Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
b.      Memberikan dan meningkatkan variasi belajar peserta didik.
c.       Memberikan struktur materi pelajaran.
d.      Memberikan inti informasi pelajaran.
e.       Merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
f.       Menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g.      Peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan oleh pengajar .
D.    Fungsi
1.      Menghadirkan obyek sebenarnya dan obyek yang langkah.
2.      Membuat duplikasi dari obyek yang sebenarnya.
3.      Membuat konsep abstrak ke konsep konkret.
4.      Memberi kesamaan persepsi.
5.      Mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak.
6.      Menyajikan ulang informasi secara konsisten.
7.      Memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik.
E.     Pertimbangan Pemilihan Media
Pertimbangan media yang akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena media yang dipilih harus sesuai dengan:
1.      Tujuan pengajaran
2.      Bahan pelajaran
3.      Metode mengajar
4.      Alat yang dibutuhkan
5.      Pribadi mengajar
6.      Minat dan kemampuan mengajar
7.      Situasi pengajaran yang sedang berlangsung
Keterkaiatan antara media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar untuk memilih dan menggunakan media dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebab media pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tetapi terkait dan memiliki hubungan secara timbalebalik dengan empat aspek tersebut. Dengan demikian, alat-alat, sarana, atau media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

F.      Kesimpulan
Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang  menentukan hasil  belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.



No comments:

Post a Comment