MEDIA
PEMBELAJARAN
A. Pengertian
1. Media
a.
Media
berasal dari kata “Medium”, yang berasal dari bahasa latin “Medium” yang
berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media ini mengarah pada sesuatu yang menjadi penghantar untuk
meneruskan suatu informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
b. Media
merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari
pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat
digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru)
c. Media
adalah saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
(Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan)
d. Media
merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun Audio-Visual serta
peralatannya serta media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat didengar, dilihat
dan dibaca. (Asosiasi Pendidikan Nasional)
e. Media
adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
instruksional.( Wildbur Schraman)
Kesimpulan: Media adalah suatu wadah atau sarana
untuk menyajikan pesan atau informasi yang dapat dimanipulasi, didengar,
dilihat dan dibaca, yang bermanfaat untuk keperluan instruksional.
2. Pembelajaran
a.
Pembelajaran adalah setiap perubahan perilaku yang
relatif permanen, terjadi sebagai hasil dari pengalaman (Wikipedia)
b.
Pembelajaran adalah perubahan atau
kemampuan seseorang yang dapat dikekalkan tetapi tidak disebabkan oleh
pertumbuhan. Perubahan yang dipanggil pembelajaran diperlihatkan melalui
perubahan tingkah laku; dengan membandingkan tingkah laku seseorang individu
sebelum didedahkan kepada situasi pembelajaran dengan tingkah lakunya selepas
didedahkan dengan situasi pembelajaran. (Robert M. Gagne)
c.
Pembelajaran adalah perubahan tingkah
laku yang kekal hasil dari pengalaman. Perubahan ini mungkin tidak jelas
sehingga timbul suatu situasi yang menonjolkan tingkah laku baru ini; pembelajaran
biasanya tidak diperlihatkan dengan serta-merta melalui pencapaian. (E.R.
Hilgard, R.C. Atkinson dan R.L. Atkinson)
d.
Pembelajaran adalah proses di mana
pengalaman menyebabkan perubahan dalam pengetahuan dan tingkah laku yang kekal.
(Anita E. Woolfolk)
Kesimpulan: Pembelajaran
adalah proses perubahan tingkah laku atau kemampuan seseorang yang bersifat
permanen atau kekal dan merupakan hasil dari pengalaman.
3. Media
Pembelajaran
a. Media
pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih
mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses
pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik)
b. Media
pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan
oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan peserta didik.
(Danim)
c. Media
pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi atau isi pengajaran,
seperti buku, film, slide dan lain-lain. (Lislie J. Briggs)
d. Media
pembelajaran adalah alat secara fisik untuk menyampaikan isi pengajaran. (Gagne
dan Brings)
Kesimpulan: Media Pembelajaran adalah seperangkat
alat fisik yang digunakan guru dalam mengefektifkan penyampaian materi
pengajaran kepada peserta didik dalam proses pendidikan.
B. Jenis
1. Media Visual :
grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2. Media Audial
: radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3. Projected still media : slide;
over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4. Projected motion media :
film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
5. Benda-benda
hidup, Simulasi, maupun model.
C. Tujuan
dan Manfaat
1. Tujuan
a. Mempermudah proses pembelajaran di
kelas.
b. Meningkatkan efisiensi proses
pembelajaran.
c. Menjaga relevansi antara materi
pelajaran dengan tujuan belajar.
d. Membantu konsentrasi pembelajar
dalam proses pembelajaran.
e. Komponen
sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar. (Gagne)
f. Wahana
fisik yang mengandung materi instruksional. (Briggs)
g. Teknologi
pembawa informasi atau pesan instruksional. (Schramm)
h. Segala
sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa. (Y. Miarso)
2. Manfaat Media Pembelajaran
a. Pengajaran lebih menarik perhatian
pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b. Bahan pengajaran akan lebih jelas
maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan
pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
c. Metode pembelajaran bervariasi,
tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan
pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
d. Pembelajaran lebih banyak melakukan
kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pengajar saja,
tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan dan lain-lainya.
2.1. Manfaat Media pembelajaran bagi
pengajar, yaitu:
a. Memberikan pedoman, arah untuk
mencapai tujuan.
b. Menjelaskan struktur dan urutan
pengajaran dengan baik.
c. Memberikan kerangka sistematis
secara baik.
d. Memudahkan kembali pengajar terhadap
materi pembelajaran.
e. Membantu kecermatan, ketelitian
dalam penyajian dalam pembelajaran.
f. Membangkitkan rasa percaya diri
seorang pengajar.
g. Meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.2. Manfaat media pembelajaran bagi peserta didik, yaitu:
a. Meningkatkan motivasi belajar peserta
didik.
b. Memberikan dan meningkatkan variasi
belajar peserta didik.
c. Memberikan struktur materi pelajaran.
d. Memberikan inti informasi pelajaran.
e. Merangsang pembelajar untuk berpikir
dan beranalisis.
f. Menciptakan kondisi dan situasi
belajar tanpa tekanan.
g. Peserta didik dapat memahami materi
pelajaran dengan sistematis yang disajikan oleh pengajar .
D. Fungsi
1. Menghadirkan obyek sebenarnya dan
obyek yang langkah.
2. Membuat duplikasi dari obyek yang
sebenarnya.
3. Membuat konsep abstrak ke konsep
konkret.
4. Memberi kesamaan persepsi.
5. Mengatasi hambatran waktu, tempat,
jumlah, dan jarak.
6. Menyajikan ulang informasi secara
konsisten.
7. Memberi suasana yang belajar yang
tidak tertekan, santai, dan menarik.
E. Pertimbangan Pemilihan Media
Pertimbangan
media yang akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena
media yang dipilih harus sesuai dengan:
1. Tujuan pengajaran
2. Bahan pelajaran
3. Metode mengajar
4. Alat yang dibutuhkan
5. Pribadi mengajar
6. Minat dan kemampuan mengajar
7. Situasi pengajaran yang sedang berlangsung
Keterkaiatan
antara media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi
pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar untuk memilih dan
menggunakan media dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga media yang
digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebab
media pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tetapi terkait dan memiliki
hubungan secara timbalebalik dengan empat aspek tersebut. Dengan demikian,
alat-alat, sarana, atau media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan
dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif
dan efisien.
F. Kesimpulan
Pada
hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang menentukan hasil belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan
media pembelajaran dalam proses
pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan
pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan
menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut. Apabila
ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran
tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
No comments:
Post a Comment