RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Rangkaian Sederhana Senam Lantai
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah DMP Senam
Oleh:
TAOFIK RAMDANI
1101070
PJKR B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA
FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 18 GARUT
Kelas/Semester : XI / 2 ( Genap )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Senam Lantai
Rangkaian Sederhana
Pertemuan ke : 1 ( Satu )
Waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi
Dasar :
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan
dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.7
Memahami pengetahuan modifikasi teknik
dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
4.5
Mempraktikkan gabungan pola gerak
dominan menuju teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan
doa sebelum memulai pembelajaran .
2. Menunjukkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
3. Melakukan
pemanasan permainan
4. Melakukan gerak
dominan menuju teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
5. Menjelaskan
gerak dominan menuju teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
D. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Melafalkan
doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2. Menunjukkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
3. Melakukan
rangkain gerak senam lantai.
4. Melakukan gerak
dominan menuju teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
6. Menjelaskan
gerak dominan menuju teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
E. Materi
Pembelajaran
Senam lantai rangkaian sederhana :
1. Tiger Strong
2. Sikap Lilin
3. Kayang
4. Cium Lutut
5. Hand Stand Roll
6. Back Ektensend
F. Metode Pembelajaran.
Pendekatan : Taktis
Metode : Bagian, keseluruhan, dan campuran
Teknik Pembelajaran : Diskusi, Tanya jawab, tugas, dan
demonstrasi
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan : 10 menit
1. Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi
2. Memberikan penjelasan tentang pola
gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai
3. Pemanasan dengan bermain
kucing-kucigan
Kegiatan
Inti : 60 menit
a. Tiger Strong
Melakukan gerakan tiger strong ini
secara perseorangan yang dibantu oleh temannya dan teman yang lainya
mengkoreksi apa yang harus diperbaiki oleh sipelaku.
b. Sikap Lilin
Melakukan gerakan membentuk sikap
lilin secara berpasangan dan perseorangan jikalau sudah lumayan bisa
c. Kayang
Melakukan sikap kayang secara
perseorangan dengan waktu yang ditentukan oleh guru
d. Gerakan mencium lutut
e. Back Ektendsend
Melakukan gerakan back ektendsend
ini secara berpasangan dan saling bergantian untuk menjaga
f. Hand Stand Roll
Melakukan gerakan hand stand roll
secara berpasangan dan saling bergantian untuk menjaga
g. Melakukan gerakan keseluruhan mulai
dari :
·
Tiger
strong
·
Sikap
lilin
·
Kayang
·
Cium
lutut
·
Back
ekstendsend
·
Hand
stand roll
Pertanyaan
Pertanyaan ditunjukan untuk
mengelaborasi (kreativitas) dan menguatkan respon siswa yang tepat atau
menghilangkan respon yang salah. Contoh pertanyaan :
a. Bagaimanakah cara melakukan gerakan
tiger strong ?
b. Bagaimanakah cara melakukan gerakan
sikap lilin ?
c. Bagaimanakah cara melakukan gerakan
kayang ?
d. Bagaimanakah cara melakukan gerakan
cium lutut ?
e. Bagaimanakah cara melakukan gerakan
back ekstendsend ?
f. Bagaimanakah cara melakukan gerakan
hand stand roll ?
g. Bagaimanakah cara melakukan
rangkaian gerakan yang sudah dipelajari ?
Kegiatan
Penutup : 10 menit
1. Berbaris dan apersepsi
2. Menjelaskan tujuan, tahapan, dan
hasil pembelajaran
3. Pelemasan
4. Berdo’a
H. Sumber Belajar
-
Ruang
terbuka dan aman
-
Matras
-
Buku
teks
-
Internet
-
Video
-
Gambar
peragaan senam
F.
Penilaian
1.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan pola gerak dominan
Penilaian proses gerak (Penilaian keterampilan)
rentng nilai 1-5
Skor 5 :
Pelaksanaan sempurna dan terkontrol (lancer)
Skor 4 :
Kesalahan bentuk atau posisi yang kecil (sangat baik)
Skor 3 :
Baik
Skor 2 :
Kurang terkontrol dan banyak kesalahan
Skor 1 :
Banyak kesalahan dan membahayakan diri sendiri (tidak aman)
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah
skor maksimal
b. Tes Sikap (Afektif)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan
selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur
yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan
sportivitas.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI
SIKAP) : 18
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Afektif =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor
maksimal
c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
No.
|
Nama
Siswa
|
Butir-butir
Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal
No.1
|
Soal
No.2
|
Soal
No.3
|
Soal
No.4
|
Soal
No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
dst
|
||||||||||||||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Kognitif =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan
gerakan apa saja yang telah dilakukan dalam permainan
|
2.
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan tiger strong
|
3.
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan sikap lilin
|
4.
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan kayang
|
5.
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan cium lutut
|
6.
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan back ekstendsend
|
7.
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan hand stand roll
|
MENGETAHUI,
KEPALA SEKOLAH GURU
MATA PELAJARAN
Drs.
Sutisna. M.Pd Taofik Ramdani. M.Pd
NIP.
19660421 199203 1 006 NIM.1101070
RPP k.13 nya kok begini gan?? masalah kegiatan inti?? kok gak ada aktifitas mengamati, menanya dll
ReplyDeletemohon di jelaskan??
makasih Rpp nya hahhaha yg penting ada
ReplyDeletemakasih RPP nya sangat membantu :D
ReplyDelete